INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

GATHERING RISKA 2023, PIKNIK DAN GAMES SERU DI TEBET ECO PARK

Terbit 21 September 2023 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / LEMBAGA - LEMBAGA / RISKA - Remaja Islam Sunda Kelapa
GATHERING RISKA 2023, PIKNIK DAN GAMES SERU DI TEBET ECO PARK

Ahad, 10 September 2023 – Untuk mempererat ukhuwah, Komunitas Remaja islam Sunda Kelapa atau biasa disebut RISKA, mengadakan Gathering Angkatan 2023 di Tebet Eco Park. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Area UMKM Tebet Eco Park dan berlangsung dari pukul 09.00 – 14.00 WIB.

Tebet Eco Park sendiri merupakan taman kota yang didedikasikan untuk masyarakat dan terletak di Jakarta Selatan. Dengan area seluas 7,3 hektar, Tebet Eco Park hadir sebagai ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi dari dua kawasan taman yang awalnya terpisah dan berseberangan. Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan kini telah menjadi satu taman terpadu yang mengusung tiga konsep utama, yakni fungsi ekologi, sebagai ruang sosial, serta ruang edukasi dan rekreasi.

Beragam aktivitas yang dapat dilakukan di Tebet Eco Park di antaranya seperti piknik, olahraga, yoga, tempat bermain anak-anak, serta tempat komunitas berkumpul (gathering). Maka sebab itulah RISKA memilih Tebet Eco Park sebagai lokasi Gathering tahun ini karena areanya yang luas dan terdapat banyak pilihan spot untuk arena pertemuan. Selain itu, posisinya yang strategis juga dapat memudahkan peserta Gathering untuk datang ke tempat ini.

 

Mengusung tema “Bersatu Dalam Ukhuwah, Bersama Kita Berkarya”, kegiatan Gathering ini melibatkan seluruh Pengurus Bidang Pendidikan RISKA tahun 2023 dan Peserta Perkuliahan Bidang Pendidikan RISKA 2023 yang terdiri dari SDTNI batch 65, BMAQ batch 15, SC batch 15, serta SDIS batch 10 yang masih mengikuti perkuliahan.

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan Gathering RISKA adalah untuk mempererat ukhuwah islamiyah antara RISKADER (Anggota Badan Pengurus Harian RISKA) dan calon RISKADER. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjaga atau meningkatkan keharmonisan. Selain itu, untuk meningkatkan persaudaraan sesama muslim berlandaskan ketaqwaan kepada Allah SWT. Gathering ini juga bertujuan untuk dapat saling memahami bahwa manusia berbeda, masing-masing diberikan kekurangan dan kelebihan, sehingga dapat saling memaafkan, berbaik sangka, saling menasehati dan saling berlomba menuju kebaikan. Kegiatan juga ini serta-merta menjadi salah satu upaya Masjid Agung Sunda Kelapa dalam menumbuhkan rasa cinta lingkungan.

Acara diawali dengan pembacaan Tilawah surat Al Hujurat ayat 12-18 oleh Ismail Haqqi, salah satu anggota BPH (Badan pengurus Harian) RISKA 2023. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Erlis selaku Ketua Panitia, Pristowo Ariya Putra selaku perwakilan MPR (Majelis Pembina RISKA), serta Kismanto selaku Ketua Umum RISKA.

“Harapannya dengan kegiatan gathering ini kita dapat lebih saling mengenal satu sama lain antara anggota riska 2023 sehingga selanjutnya dapat saling menasihati dalam kebaikan dan kebenaran dan saling menyemangati untuk berkarya,” ucap Kismanto dalam sambutannya sebagai Ketua RISKA periode 2023-2024.

Pembicara Gathering disampaikan oleh Anang Trianto yang merupakan Ketua Biro Pembinaan RISKA.

“Mari kita jalin ukhuwah islamiyah sebagaimana 6 tahapan ukhuwah yaitu Taaruf (saling mengenal), Tafahum (saling memahami), Taawun (saling tolong menolong), Takaful (saling menanggung), dan Itsar (mendahulukan saudara dibanding diri sendiri). Semoga kita bisa meneladani sahabat rasul Abdullah bin Amr yang dijamin masuk surga karena selalu memaafkan orang yang menyakitinya di sepanjang hari sebelum dia tidur pada malam hari. Mari kita berlapang dada dan saling memaafkan.”

Setelah materi dilakukan sesi Ice Breaking sebagai persiapan sebelum Games yang dilakukan secara berkelompok dengan 5 Pos Games yang tersebar di area hijau Tebet Eco Park. Tak terasa masuk waktu Dzuhur maka para peserta pun melakukan Shalat Berjamaah. Dilanjutkan dengan istirahat makan bersama dengan Ngaliwet. Gathering Ahad, 10 September 2023 ditutup dengan pengumuman pemenang games dan pembacaan doa.

 

 

SebelumnyaKHAZANAH ILMU : INTELEKTUAL MUSLIM (Dr. KH. Zakky Mubarak, MA) SesudahnyaDUKUNG INDUSTRI HALAL, MASK IKUTI PELATIHAN PENDAMPINGAN PROSES HALAL (PPH)

Berita Lainnya