INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

Sejarah

Sejarah

Sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan masjid besar yang dibangun pertama kali di daerah Menteng dengan memadukan berbagai fungsi untuk masjid, seperti sebagai tempat ibadah, pendidikan, sosial, maupun perekonomian.

Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1960-an dengan gagasan yang berasal dari Ir. Gustaf Abbas, kemudian gagasan tersebut didukung oleh para Jenderal yang juga tinggal di daerah menteng dengan memberikan berbagai sumbangan dana untuk penyelesaian masjid ini. 

Pada saat itu, pembangunan yang sudah berjalan lebih dari 9 tahun tidak kunjung selesai karena terkendala berbagai masalah. Akhirnya, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, pada masa Gubernur Ali Sadikin (Alm) merasa harus membantu dalam penyelesaian pembangunan masjid ini. Akhirnya seluruh pembangunan masjid selesai pada tahun 1970 dan diresmikan oleh Ali Sadikin (Alm) pada tanggal 31 Maret 1971. (Khazanah Masjid)