INFORMASI TERKINI
  • 6 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

DISKUSI MANAJEMEN MASJID, ISLAMIC CENTER AL-HASRA KUNJUNGI MASJID AGUNG SUNDA KELAPA

Terbit 11 Oktober 2023 | Oleh : Reno Fathur | Kategori : BERITA KEGIATAN / Dewan Pengurus
DISKUSI MANAJEMEN MASJID, ISLAMIC CENTER AL-HASRA KUNJUNGI MASJID AGUNG SUNDA KELAPA

Rabu, 11 Oktober 2023 – Pengurus Islamic Center Al-Hasra,  Bojongsari, Depok mengunjungi Masjid Agung Sunda Kelapa. Kunjungan ini adalah dalam rangka Silaturahmi dan Diskusi mengenai pengelolaan masjid. Pengurus Islamic Center yang mengikuti kunjungan ini adalah sebanyak 5 (lima) orang, yang terdiri dari Direktur (Andi Suhandi), Bendahara (Wulandari), Bagian DKM (Zamzam Firdaus), Bagian LAZIS (Herman Risin), dan Staf Islamic Center Al-Hasra (M Sandy).

Dilansir dari website Al-Hasra, Yayasan Al-Hasra didirikan pada tahun 1984 oleh H. Hashuda dan istri Hj. Siti Zahara. Sedangkan Islamic Center dibentuk pada tahun 2012, Islamic Center al-Hasra hadir untuk bisa mengembangkan sayap dakwah Yayasan al-Hasra yang sudah menggarap dan memberikan pelayanan pendidikan sekolah terhadap umat Islam di Depok. Berpusat di masjid, yang secara harfiah bermakna sebagai tempat sujud umat Islam, Islamic Center al-Hasra diamanahi oleh Yayasan untuk ikut serta dalam gerak dawah memberdayakan umat Islam, meningkatkan harkat dan marwah umat Islam dengan cara membangun kesadaran baru, membuka wawasan keilmuan dan meningkatkan kesejahteraan umat yang dilandaskan pada ajaran tauhid.

Kunjungan dan diskusi dilaksanakan dengan konsep FGD (Focus Group Discussion) dengan tema “Manajemen Pengelolaan Masjid”. FGD dilakukan di Ruang Ibadah Utama Masjid Agung Sunda Kelapa, dan dipimpin oleh Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa yang diwakilkan oleh Ustadz M Reno Fathur Rahman, selaku Kepala Bagian Informatika dan Komunikasi MASK dengan Tatyana Virgiani, Bagian Pusat Informasi.

Sesi FGD diawali dengan penjelasan mengenai beberapa tipologi dari masjid. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), H.M. Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa jumlah masjid di Indonesia saat ini sudah lebih dari 800 ribu, dan itu sudah termasuk musholla.

Terdapat 8 (delapan) Tipe Masjid :

  1. Masjid Negara
  2. Masjid Nasional
  3. Masjid Raya
  4. Masjid Agung
  5. Masjid Besar
  6. Masjid Jami’
  7. Masjid Bersejarah
  8. Masjid di Tempat Publik

“Masjid Agung Sunda Kelapa termasuk dalam tipe Masjid Agung, Dewan Pengurus dipilih dan ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota Jakarta Pusat” Ustadz Reno Fathur menjelaskan.

Ia juga menjelaskan bahwa Masjid Agung Sunda Kelapa memiliki 5 Unsur Penting yang disebut dengan LIMA PILAR, yang terdiri dari :

  • 1. Dewan Pembina dan Pakar
  • 2. Dewan Pengurus
  • 3. Jama’ah
  • 4. Karyawan
  • 5. Lembaga-Lembaga
Unsur Lima Pilar Masjid Agung Sunda Kelapa

Unsur Lima Pilar Masjid Agung Sunda Kelapa

Dalam diskusi ini para Pengurus Islamic Center Al-Hasra juga aktif bertanya dan berdiskusi mengenai beberapa jenis kegiatan dan program yang telah dilaksanakan oleh Masjid Agung Sunda Kelapa, termasuk juga mengenai pemasukan dan pengelolaan keuangan masjid, serta ide-ide menarik untuk membuat kegiatan di masjid lebih menarik, khususnya untuk anak muda. Mempertimbangkan jamaah Masjid yang paling banyak adalah dari siswa dan siswi SMP-SMA-SMK Yayasan Al-Hasra.

Memahami Profil dan Data dari Jama’ah Masjid, merupakan upaya yang perlu dilakukan, agar Strategi dan Program Dakwah menjadi tepat sasaran” ujar Ustadz Reno.

Agenda kunjungan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua lembaga, dan rencana tindak lanjut observasi jika memungkinkan dengan tim survey dari Masjid Agung Sunda Kelapa ke Islamic Center Al-Hasna, agar dapat memberi masukan yang lebih aktual.

SebelumnyaGEDUNG DIRENOVASI, TK NEGERI CILACAP SEMENTARA BEROPERASI DI MASK SesudahnyaKAJIAN WARIS MAJELIS TAKLIM IBU-IBU (MTII-MASK)

Berita Lainnya