INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

KAJIAN RISKA : SEJARAH BUMI PALESTINA (Ust. Taufiq Al-Miftah) Bagian 1

Terbit 23 Oktober 2023 | Oleh : Reno Fathur | Kategori : HIKMAH NASIHAT / RISKA - Remaja Islam Sunda Kelapa
KAJIAN RISKA : SEJARAH BUMI PALESTINA (Ust. Taufiq Al-Miftah) Bagian 1

SEJARAH BUMI PALESTINA (Bagian 1)

Oleh : Ustadz Taufiq Al-Miftah

Kajian PARIS RISKA – Masjid Agung Sunda Kelapa

Jum’at, 20 Oktober 2023 – Sejarah bumi Palestina, buminya para Nabi dan Rasul. Apa pentingnya tema ini untuk dibahas? Pembahasan malam hari ini karena hampir setiap hari (sudah 3 pekan) kita mendengar dan melihat berita di tv atau sosmed yang isinya adalah kekejaman zionis Yahudi. Bagaimana perbuatan mereka pada buminya para Nabi, pada umat muslimin. Hati kita terikat pada bumi Palestina karena ada sejarah di sana. Ini sudah berulang kali terjadi. Ini terjadi sejak Yahudi menetap di Palestina. Saudara kita merasakan penderitaan bertahun – tahun. Yahudi sudah menguasai 85% wilayah Palestina. Umat Islam tidak boleh bodoh tentang tentara Palestina. Ini ada sejarah yang luar biasa.

Ustadz Taufiq Al-Miftah pada Kajian PARIS RISKA, Masjid Agung Sunda Kelapa

Ustadz Taufiq Al-Miftah pada Kajian PARIS RISKA, Masjid Agung Sunda Kelapa

Yang harus kita ketahui tentang sejarah Palestina. Fadhoil (keutamaan) Palestina, Palestina adalah tanah yang diberkahi bahkan ia adalah negeri yang Allah sebut langsung keberkahannya dan Rasul mendoakan langsung Palestina. Dalam Qs Al Isra Maha Suci Allah yang menggerakkan hambaNya (Rasulullah) dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa tujuannya untuk memperlihatkan tanda kebesaran Kami kata Allah, salah satunya adalah Masjid Aqsa. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Melihat.

“Yang harus kita ketahui tentang sejarah Palestina. Fadhoil (keutamaan) Palestina, Palestina adalah tanah yang diberkahi”

Ada tempat – tempat yang Nabi langsung doakan dan tempat itu pasti barokah, pertama adalah tanah Madinah yang dulu bernama Yatsrib, Ya Allah berkahilah kota kami (Madinah) yang dulunya kota berpenyakit. Sampai sekarang Madinah menjadi kota yang bercahaya. Lalu negeri Thaif di mana Nabi diusir, Nabi berdarah di sana. Hampir saja negeri itu hancur ditimpa dua bukit yang ditawarkan malaikat. Kata Rasulullah aku ini diutus bukan untuk melaknat, aku berharap dari tulang sulbi mereka lahir orang yang tidak menyekutukan Allah. Maka Thaif hari ini 100% penduduknya Muslim. Lalu Palestina Rasulullah Mengatakan ya Allah berkahilah negeri Syam kami, lalu negeri Yaman maka yang lebih afdhol adalah negeri Syam, dan jantungnya negeri Syam adalah Palestina. Nabi juga pernah mendoakan keberuntungan untuk negeri Syam lalu sahabat bertanya kenapa negeri Syam beruntung? Dijawab karena di atas negeri Syam dibentangkan sayap-sayap malaikat dan mendoakan penduduknya.

Keutamaan lain dari negeri Palestina, di bumi Palestina ada Masjidil Aqsha, siapapun yang shalat di Masjidil Aqsha 500 pahalanya. Salah satu masjid yang menjadi kiblat pertama adalah Masjidil Aqsha. Nabi dulu salat menghadap ke Baitul Maqdis, barulah ketika turun ayat Al-Baqarah 144, ketika Rasul melihat ke atas seolah-olah Nabi meminta tapi Nabi tidak meminta, lalu Allah kasih. Maka sejak itu kiblat kita berpindah dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram. Artinya kata ulama Baitul Maqdis punya ikatan sejarah dengan kaum muslimin karena itu kiblat pertama kita. Makanya sakit hati kita saat anak – anak kita di Palestina disakiti oleh Zionis. Memang zahir mereka tersakiti, tapi jiwa mereka syuhada. Maka doakan disetiap kesempatan, kita percaya pertolongan Allah sangat dekat. Doa itu kekuatan.

Ketika Masjidil Aqsha menjadi masjid yang harus kita ingat, Bumi Palestina menjadi tempat persinggahan Isra wal Mi’raj. Peristiwa ini disebut peristiwa spektakuler karena :

  1. Perjalan yang cukup jauh hanya perlu satu malam. Dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha sangat jauh.
  2. Ketika mau Mi’raj Nabi dibersihkan dadanya untuk yang kedua kalinya. Buroq turun, ya Rasulullah, aku mendengar di langit engkau adalah orang yang paling perikebinatangan Rasulullah sangat baik dengan binatang.
  3. ketika Rasulullah turun dari Mi’raj, Nabi ditanya oleh Nabi Musa Muhammad, engkau jumpa dengan Tuhanmu atau tidak? Dijawab aku hanya melihat cahaya. Ketika turun, Rasul kaget karena di Masjidil Aqsha sudah penuh dengan manusia. Nabi bertanya pada Jibril siapa mereka? Dijawab ini para Nabi dan Rasul yang menyambutmu ada 124.00 Nabi dan 340 Rasul. Saat baris Jibril mendorong Nabi ke depan untuk menjadi imam para Nabi dan Rasul. Kata ulama ini menunjukan Rasulullah adalah penutup tongkat risalah Kenabian. Rasulullah didaulat di sana menjadi tuannya para Nabi dan Rasul.
  4. Negeri Palestina adalah negerinya para Nabi dan Rasul, karena banyak wahyu turun di sini. Negeri ini dikatakan negeri turunnya wahyu kata ulama. Nabi tinggalnya di tanah ini (Palestina) seperti Nabi Ayyub, Nabi Ibrahim, Nabi Ishak, Nabi Yakub, Nabi Ismail. Bahkan mihrab nya Nabi Zakaria ada di Palestina. Lalu karena banyak Nabi yang dimakamkan di tanah Palestina seperti Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf. Walau ketepatan tempatnya
    itu bersifat prasangka (dzonniyah).
  5. Bumi Palestina adalah kota ketiga yang agung dalam Islam. Kota yang harus kita agungkan adalah Madinah, Mekkah, dan Palestina. Ketika bicara Al Quds maka ada tiga agama yang mensucikan, agama Yahudi, Nasrani, dan Islam.
  6. Bumi Palestina juga bumi sahabat Nabi, karena banyak sahabat Nabi hijrah ke Syam seperti Bilal bin Rabah, Mu’awiyah.
  7. Bumi ini akan menjadi tempat berkumpulnya
    manusia. Saat akhir zaman akan muncul api dari Yaman untuk menggiring seluruh manusia
    untuk berkumpul ke Palestina. Seburuk-buruk kaum adalah kaum yang meminta bertemu hari
    kiamat kata Nabi. Jangan pernah punya impian ketemu Dajjal.

“Keutamaan lain dari negeri Palestina, di bumi Palestina ada Masjidil Aqsha, siapapun yang shalat di Masjidil Aqsha 500 pahalanya. Salah satu masjid yang menjadi kiblat pertama adalah Masjidil Aqsha.”

SebelumnyaSARASEHAN MUALLAF III, INTERNATIONAL MUALLAF CENTER MASK LUNCURKAN BUKU MATERI BIMBINGAN SesudahnyaKAJIAN RISKA : SEJARAH BUMI PALESTINA (Ust. Taufiq Al-Miftah) Bagian 2

Berita Lainnya