INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

SHOLAT GHOIB DAN DOA QUNUT NAZILAH DI MASK UNTUK PALESTINA

Terbit 16 Oktober 2023 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / Bidang Dakwah Peribadatan
SHOLAT GHOIB DAN DOA QUNUT NAZILAH DI MASK UNTUK PALESTINA

Jumat, 13 Oktober 2023 – Khutbah Jumat siang ini diisi oleh khatib Dr. H. Akhiruddin, M.A. dengan mengusung tema, “Palestina, Mengetuk Hati Menakar Iman”. Sebagaimana himbauan Embassy of the State of Palestine pada tanggal 12 Oktober 2023, dan ditujukan kepada Ketua/Pengurus Masjid-Masjid di Indonesia yang berbunyi :

“”(Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan”

Dari Tanah Suci Palestina, dan dari Masjid Al-Aqsa yang diberkati, di mana terdapat semangat perjuangan, jihad, keberanian, dan keteguhan dalam menghadapi penjajahan yang dipersenjatai dengan kematian, kolonialisme, keangkuhan, dan agresi yang tidak meninggalkan batu atau pohon, di Yerusalem, Gaza, dan Tepi Barat, kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Yang Mulia atas dukungan terhadap Palestina, kudusnya, Al-Aqsa, penduduknya yang bertahan, dan perjuangan yang adil ini, yang merupakan perjuangan setiap umat Islam.

Di tengah serangan terus-menerus Israel terhadap rakyat kami yang telah mencapai tingkat genosida, kami menghargai dukungan Yang Mulia kepada saudara-saudara kami di Baitul Maqdis dan sekitarnya. Dalam hal ini, kami berharap agar khutbah Jumat yang akan disampaikan, pada tanggal 13 Oktober 2023, di masjid-masjid di Indonesia, berbicara tentang Palestina, Baitul Maqdis, Masjid Al-Aqsa yang diberkati, dan menegaskan bahwa pendudukan Israel terhadap Palestina adalah pelanggaran hak-hak yang sah, sebagaimana halya dengan semua bangsa di seluruh dunia,” kata Mr. Zuhair Al-Shun (Duta Besar Palestina di Indonesia) dalam keterangan tertulis.

Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga menyerukan kepada masjid-masjid di Indonesia untuk melaksanakan sholat Ghoib dan membaca doa Qunut Nazilah seusai sholat Jumat. Pelaksanaan sholat Ghoib tersebut ditujukan bagi para syuhada Palestina yang menjadi korban serangan militer Israel.

Maka dalam rangka memberikan dukungan bagi perjuangan kemerdekaan Palestina, MASK mengajak serta para jamaah sholat Jumat siang ini untuk bersama-sama melaksanakan sholat Ghoib dan membaca doa Qunut Nazilah untuk warga Palestina.

Shalat Ghoib dilakukan setelah menunaikan sholat Jumat dan dipimpin langsung oleh imam Masjid Agung Sunda Kelapa, Syekh Essam El-Mezjaji. Doa Qunut Nazilah sendiri merupakan doa yang bisa dibacakan oleh umat Islam sebelum sujud pada rakat terakhir di setiap shalat wajib, saat mengalami musibah, bencana , atau saat mengalami keadaan yang tidak menyenangkan (buruk).

Diperkirakan pelaksanaan sholat Ghaib dan pembacaan doa Qunut Nazilah ini diikuti oleh jamaah sholat Jumat Masjid Agung Sunda Kelapa yang memenuhi Ruang Ibadah Utama, Serambi Jayakarta, dan Aula Sakinah. Hal ini merupakan aksi solidaritas MASK terhadap warga Palestina yang sedang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Mari kita doakan keselamatan saudara-saudari muslim kita di Palestina. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kemerdekaan bagi tanah Palestina.

SebelumnyaDOA QUNUT NAZILAH DAN SHOLAT GHOIB UNTUK PERJUANGAN KEMERDEKAAN PALESTINA SesudahnyaMAULID NABI MUHAMMAD SAW MAJELIS TAKLIM IBU-IBU (MTII-MASK)

Berita Lainnya