INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

50 Anak Ikuti Khitan Massal, Bersama UPZ Masjid Agung Sunda Kelapa

Terbit 20 Desember 2023 | Oleh : Reno Fathur | Kategori : BERITA KEGIATAN / UPZ - Unit Pengumpul Zakat MASK
50 Anak Ikuti Khitan Massal, Bersama UPZ Masjid Agung Sunda Kelapa

Rabu, 20 Desember 2023 – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Agung Sunda Kelapa melaksanakan program penyaluran Zakat  yang berasal dari dana pengumpulan Zakat Maal di Masjid Agung Sunda Kelapa pada hari ini dengan pelaksanaan Agenda “Khitanan Massal Bersama”. Acara dimulai pada pada pukul 07.30 WIB dengan pembukaan di Serambi Jayakarta. Pembukaan dimulai dengan sambutan dari ketua UPZ-MASK, Ibu Ine Indrati Oktaviana, yang menjelaskan mengenai pengelolaan zakat maal di Masjid Agung Sunda Kelapa. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa yang diwakilkan oleh Bapak Ahmad Huraera Nurhani.

Sebelum memulai proses khitan massal, perwakilan dari Sunat123 selaku pelaksana memberikan pengarahan terkait definisi, jenis, dan teknis khitan atau sunat yang akan dilaksanakan pada hari itu. Pengarahan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman secara agama dan medis mengenai manfaat khitan atau sunat kepada anak-anak dan orang tua yang menjadi peserta khitan massal.

Khitan merupakan salah satu Sunnah Nabi yang juga telah Diakui Secara Medis Bermanfaat untuk menjaga diri kita dari najis dan kotoran tersisa setelah buang air Kecil” Ujar Pelaksana dari Sunat123.

Khitan Massal ini diikuti oleh 50 orang anak yang berasal dari asnaf  faqir dan dhuafa sebagai penerima zakat, yang terbuka untuk umum dengan syarat mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan syarat administrasi. Usia maksimal dari peserta adalah 15 Tahun. Tujuan dipilihnya agenda ini sebagai salah satu program kesehatan adalah dikarenakan masih banyak masyarakat yang kesulitan untuk meng-khitan anaknya dikarenakan masalah biaya, sehingga masih ada beberapa masyarakat yang tidak memprioritaskan hal ini untuk anaknya.

Proses khitan dimulai dengan pemanggilan peserta sesuai urutan menuju aula sakinah. Kemudian diadakan Medical Check-Up oleh dokter yang memeriksa kondisi kesehatan anak-anak. Bagi yang memenuhi syarat dan sehat akan dilanjutkan ke tindakan khitan atau sunat. Kurang lebih ada 10 Bilik tindakan yang disiapkan oleh pihak Masjid dan Sunat123 dengan petugas tenaga medis yang berpengalaman dan berertifikat.

Setelah proses khitan selesai, peserta diperiksa kembali dan diberikan obat serta arahan kontrol oleh dokter. Panitia dari UPZ-MASK juga memberikan hadiah souvenir kepada para peserta berupa bingkisan dan pakaian sholat. Setelah kurang lebih 4 jam, seluruh peserta telah tuntas disunat. Fauzan Riyadi, Koordinator Pelaksana menyatakan bahwa kegiatan khitan massal terlaksana dengan baik dan lancar. Beberapa orang tua juga memberikan respon positif dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Alhamdulillah terimakasih bpk/ibu, sunatan masal ini membawa manfaat bagi kami semua, semoga kebaikan bpk/ibu Allah mudahkan segala urusannya dan murah rizki” ungkap Ibu Eva Ratnawati.

Terimakasih banyak buat kakak-kakak panitia dan dokter khitanan masal, semoga Allah yg membalas kebaikan acara ini dan berkah untuk semuanya” imbuh orang tua lainnya.

MASJID RAMAH ANAK : Untuk Mencairkan Suasana Menjadi Menyenangkan, Panitia UPZ-MASK Menyiapkan Tontonan Film dan Mengadakan Lomba Mewarnai

Dalam acara ini, panitia juga berupaya untuk memberikan suasana yang menyenangkan bagi anak-anak, mengingat kesan sunat yang menyeramkan bagi anak-anak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Panitia UPZ-MASK juga telah menyiapkan tontonan film anak-anak di TV sembari para peserta menunggu. Dilaksanakan  juga Lomba Menggambar, yang diikuti oleh seluruh anak-anak yang hadir. Lomba Menggambar dipimpin oleh Kak Sauqi, Ustadz Reno Fathur, Ustadz Nujhan, dan Ibu Minnie. Dari total 40 anak yang mengikuti, dipilih 5 gambar terbaik, dan untuk para pemenang diberikan hadiah khusus, yaitu Merchandise Tumbler Masjid Agung Sunda Kelapa.

SebelumnyaINFO : Khitan Massal Gratis 20 Desember 2023 di Masjid Agung Sunda Kelapa SesudahnyaKajian Muslimah Desember 2023, Penampilan Perdana Hadroh Tim Shalawat MASK

Berita Lainnya