INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

PASCA PENGEBOMAN RUMAH SAKIT GAZA OLEH ISRAEL, MASK MENGADAKAN SHOLAT GHOIB

Terbit 20 Oktober 2023 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / Bidang Dakwah Peribadatan
PASCA PENGEBOMAN RUMAH SAKIT GAZA OLEH ISRAEL, MASK MENGADAKAN SHOLAT GHOIB

Jumat, 20 Oktober 2023- Masjid Agung Sunda Kelapa kembali mengadakan sholat Ghoib dan pembacaan doa Qunut Nazilah setelah pelaksanaan sholat Jumat berjamaah. Hal ini ditujukan untuk para korban pengeboman Rumah Sakit Gaza oleh Israel.

Sebagaimana kita ketahui bahwa telah terjadi penyerangan bom di Rumah Sakit Baptis Al-Ahli Gaza pada Selasa, 17 Oktober 2023. Kementerian Kesehatan di Gaza menegaskan bahwa ledakan di rumah sakit tersebut disebabkan oleh serangan udara Israel. Berdasarkan laporan Al-Jazeera, setidaknya 500 orang (yang kebanyakan adalah anak-anak dan Perempuan) tewas dalam peristiwa tersebut.

Rumah Sakit Baptis Al-Ahli adalah satu-satunya fasilitas medis independen di Gaza yang dipimpin oleh kelompok Kristen. Pada saat serangan keji itu terjadi, rumah sakit yang dikelola oleh kelompok Kristen Anglikan (salah satu denominasi Kristen terbesar di dunia) tersebut tengah memberikan perawatan bagi ribuan warga Palestina yang terluka dan terlantar untuk mencari perlindungan di tengah serangan udara brutal lsrael di sebagian besar Jalur Gaza.

Sebelum terjadi serangan bom pada Selasa malam, lsrael telah memberikan peringatan pengosongan rumah sakit atau menghadapi serangan udara kepada Rumah Sakit Al-Ahli Baptis.

“Rumah sakit tersebut telah menerima ancaman dari Israel untuk dievakuasi atau dibom,” ujar pernyataan Kementerian Kesehatan Palestina, dilaporkan Middle East Eye, Rabu (18/10/2023).

Diketahui sejak 7 Oktober setidaknya 22 rumah sakit telah menerima ancaman evakuasi dari Israel.  Berikut adalah daftar rumah sakit di wilayah yang diperintahkan oleh lsrael untuk mengosongkan diri, selain dua rumah sakit yang menerima peringatan serupa di selatan.

  1. Rumah Sakit Kamal Adwan – Gaza utara
  2. Rumah Sakit Al-Awda – Gaza utara
  3. Rumah Sakit Indonesia – Gaza utara
  4. Rumah Sakit Balsam – Gaza utara
  5. Rumah Sakit Karama Gaza – Gaza utara
  6. Rumah Sakit Al Shifa – Kota Gaza
  7. Rumah Sakit Al-Quds – Kota Gaza
  8. Rumah Sakit Lapangan Yordania di Gaza – Kota Gaza
  9. Rumah Sakit Anak El-Dorra – Kota Gaza
  10. Rumah Sakit Martir Al-Aqsa – Kota Gaza
  11. Pusat Medis Al-Wafa – Kota Gaza
  12. Rumah Sakit Baptis Al-Ahli al-Arabi – Kota Gaza
  13. Rumah Sakit Bantuan Umum – Kota Gaza
  14. Al Rantissi – Rumah Sakit Anak Alnasr – Kota Gaza
  15. Rumah Sakit Mata St John – Kota Gaza
  16. Masyarakat Kebajikan Teman Pasien – Kota Gaza
  17. Masyarakat Kompleks Medis Assahaba – Kota Gaza
  18. Rumah Sakit Mata Gaza – Kota Gaza
  19. Rumah Sakit Jenin – Kota Gaza
  20. Rumah Sakit Jiwa Gaza – Kota Gaza
  21. Rumah Sakit Gaza Eropa – Gaza selatan
  22. Rumah Sakit Khusus Kuwait – Gaza Selatan

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Keuskupan mengatakan, “Kehancuran yang terjadi, ditambah dengan tindakan asusila yang menargetkan gereja, merupakan tindakan yang sangat menyentuh inti kesusilaan manusia. Kami menegaskan dengan tegas bahwa hal ini patut mendapat kecaman dan pembalasan internasional. Ada seruan mendesak bagi komunitas internasional untuk memenuhi tugasnya dalam melindungi warga sipil dan memastikan bahwa tindakan tidak manusiawi dan mengerikan tersebut tidak terulang kembali.”

 

Hal ini menjadikan peristiwa mengerikan yang terjadi antara Palestina dan Israel bukan lagi konflik agama tapi juga melainkan kemanusiaan.

 

Oleh sebab itu Masjid Agung Sunda Kelapa mengajak serta para jamaah sholat Jumat siang ini (20/10/2023) untuk mendirikan sholat ghoib bagi para korban yang syahid dalam serangan Israel pada Rumah Sakit Al-Ahli Gaza. Dipimpin oleh Imam MASK, Syekh Essam El-Mizjaji, sholat Ghoib diikuti oleh  seluruh jamaah yang memadati Ruang Ibadah Utama, Serambi Jayakarta, dan Aula Sakinah. Ustadz Fadlan Garamatan (Khatib pada Jumat ini), bpk. Setyanto P. Santosa selaku Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, dan bpk. Huraera Nurhani yang merupakan Sekretaris DP MASK juga ikut serta melakukan sholat Ghoib berjamaah.

Setelah sholat Ghoib Syekh Essam juga mengajak para jamaah untuk bersama-sama mendoakan penyerangan lsrael di Palestina agar segera usai.

 

 

 

SebelumnyaKHAZANAH ILMU : MATAHARI DAN MATA HATI (Dr. KH. Zakky Mubarak, M.A.) SesudahnyaSARASEHAN MUALLAF III, INTERNATIONAL MUALLAF CENTER MASK LUNCURKAN BUKU MATERI BIMBINGAN

Berita Lainnya