INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

Tabligh Akbar Bersama Aa’ Gym, Fokus Untuk Bahagia Jangan Fokus Untuk Sengsara

Terbit 15 Januari 2024 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN
Tabligh Akbar Bersama Aa' Gym, Fokus Untuk Bahagia Jangan Fokus Untuk Sengsara

Ahad, 14 Januari 2024 – Alhamdulillah telah terlaksana Tabligh Akbar bersama KH. Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Aa’ Gym yang digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Bekerja sama dengan Daarut Tauhid Peduli, kedatangan Aa Gym ke MASK merupakan bagian dari rangkaian Safari dan Roadshow rutin A’a Gym di berbagai daerah di Indonesia khususnya DKI Jakarta. Acara dimulai dari pukul 06.00 WIB dengan rangkaian ibadah Dhuha yang rutin diadakan setiap Ahad seperti pembacaan Maulid Al Barzanji, Mahal al-Qiyam, tadarus Al-Qur’an, serta pelaksanaan shalat Dhuha bersama Imam Rawatib MASK.

Pukul 07.30 WIB acara dibuka dengan penampilan shalawat dari Tim Shalawat & Hadroh Masjid Agung Sunda Kelapa. Yang terdiri dari marbot wanita, Wakil Sekretaris Dewan Pengurus MASK (Ibu Tuti Purwoko), ibu Hikmah Sholeh Asri yang merupakan istri dari Wakil I Ketua DP-MASK, serta para ibu-ibu Lembaga MASK yang rutin berlatih sejak bulan November lalu. Tim Shalawat MASK mengajak serta para jamaah untuk bersama-sama membaca Shalawat Assalamualaik Zainal Anbiya, Shalawat Asyghil, Shalawat Tibbil Qulub, Ibdi Abdillah, Shalawat Busro, dan Shalawat Badar dengan iringan hadroh.

Sejak pagi hari jamaah sudah mulai berdatangan sehingga memenuhi Ruang Ibadah Utama, Serambi Jayakarta, hingga Aula Sakinah Masjid Agung Sunda Kelapa. Selepas penampilan hadroh, acara dilanjutkan dengan tadarus bersama Surah Ar-Rahman dan Surah Al-Waqiah dipandu oleh Ustadz Ramadhan Khan dari pihak Daarut Tauhid Peduli.

Pukul 09.00 WIB Tabligh Akbar bagian pertama pun dimulai dengan kajian tauhid bersama Coach Sony Abi Kim. Mengangkat tema “Happiness as the ultimate currency.”, Coach Sonny menyampaikan 3 mentalitas tauhid, yaitu :

  1. Tidak ada satupun yang mencintai kita melebihi Allah
  2. Tidak ada satupun yang mengetahui isi hati kita selain Allah
  3. Tidak ada satupun yang bisa menghilangkan kesedihan kita selain Allah

“”Tidak ada satupun yang mencintai kita melebihi Allah.” Jika sudah meyakini kalimat ini maka kita akan menyikapi segala keadaan dengan keindahan. Karena ketika  kita sadar bahwa Allah Maha Adil. Kita bisa merasakan keindahan cinta Allah. Kita akan merasakan kelembutan takdir,” ujar Coach Sonny dalam kajiannya.

Setelah kajian bagian pertama bersama Coach Sonnya, dilakukan break dengan sesi promosi Daarut Tauhid Peduli selama 15 menit. Kemudian kajian Tauhid bersama Aa’ Gym yang merupakan acara inti pun dimulai pukul 10.00 WIB. Sesuai tema Tabligh Akbar hari ini, “Fokus Untuk Bahagia, Jangan Fokus Untuk Sengsara.” Dalam ceramahnya, Aa Gym menyebutkan bahwa keinginan manusia itu hanya tiga yang utama :

  1. Ingin bahagia
  2. Ingin mulia
  3. Ingin selamat

Bahwa bahagia itu di dunia namanya hayatan thoyibah (kehidupan yang baik). Kehidupan yang baik itu bukan berarti selalu cocok dengan keinginan, tapi apapun yang dijalani bisa menjadi kebaikan itu yang membuat bahagia. Bahagia itu tidak harus dengan yang cocok, yang tidak cocok juga bisa membuat bahagia jika benar dalam menyikapinya. Hidup ini sepenuhnya adalah ujian.

Sedangkan  kunci bahagia sesungguhnya hanya ada dua, yaitu :

  1. Beramal sholeh
  2. Beriman

 

“Ujian paling berat dalam hidup itu jika ada banyak orang yang memuji. Kalau kita hanya mencari penilaian makhluk, maka yang dibaguskan hanya casingnya saja. Semakin kita ingin dilihat oleh makhluk, maka makin susah juga untuk bahagia,” ujar Aa’ Gym.

Jama’ah sangat antusias menghadiri Kajian Tauhid bersama Aa’ Gym, ada beberapa pertanyaan dari Jama’ah, pertanyaan tersebut disambut baik dan dijawab oleh Aa Gym.

Terakhir acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Aa’ Gym. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan menjadikan kita semua lebih dekat dengan Allah.

SebelumnyaTingkatkan Kewaspadaan, MASK Adakan Pelatihan Pemadaman Api Bersama DAMKAR Jakarta Pusat SesudahnyaProgram Bantuan Pendikan UPZ-MASK, Meningkatkan Kualitas Pendidikan Generasi Masa Depan

Berita Lainnya