INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

UBAH SAMPAH MENJADI BERKAH, KOLABORASI MASJID AGUNG SUNDA KELAPA BERSAMA NARA KREATIF

Terbit 11 September 2023 | Oleh : Reno Fathur | Kategori : BERITA KEGIATAN / Bidang Operasional dan Umum
UBAH SAMPAH MENJADI BERKAH, KOLABORASI MASJID AGUNG SUNDA KELAPA BERSAMA NARA KREATIF

11 September 2023 – Sampah selalu menjadi masalah dalam pencemaran lingkungan yang terjadi dalam kehidupan manusia. Dilansir pada situs KEMENKO PMK, Indonesia sendiri Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 hasil input dari 202 kabupaten/kota se-Indonesia menyebut jumlah timbunan sampah nasional mencapai angka 21.1 juta ton. Tentunya ini menjadi sebuah isu tersendiri bagi masyarakat. Dan kita sebagai umat muslim, sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, juga harus menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan turut berpartisipasi dalam upaya menjaga kebersihan sekitar kita.

Pada 20 Maret 2023, Masjid Agung Sunda Kelapa berkomunikasi dengan pengurus Yayasan Nara Kreatif, yang mana merupakan salah satu yayasan yang memiliki visi dalam pemberdayaan dan pemanfaatan sampah untuk di daur ulang dan digunakan untuk berbagai kebaikan. Yayasan Nara Kreatif berdiri sejak tahun 2012 dengan semangat bahwa pemuda harus berkontribusi memecahkan masalah anak putus sekolah yang sampai saat ini masih menjadi fenomena besar di Indonesia. Visi Nara Kreatif adalah memberi masyarakat kemudahan pendidikan dan solusi lingkungan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang didirikan Nara Kreatif meliputi semua jenjang sekolah yaitu Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA dan telah terakreditasi A oleh BAN PAUD dan PNF sejak tahun 2021. Saat ini telah ada 1.950 Peserta Didik Tahun Ajaran 2022/2023 yang mengikuti kegiatan sekolah kami di 20 (dua puluh) titik kelompok belajar di Wilayah Jakarta, dan meluluskan 350Peserta Didik pada tingkat SD, SMP, dan SMA pada Ujian Kelulusan Tahun Ajaran 2021/2022.

Melihat sebuah visi yang sama dalam hal upaya menjaga lingkungan dan upaya pemberdayaan masyarakat. Yayasan Nara Kreatif dan Masjid Agung Sunda Kelapa pun berinisiatif untuk berkolaborasi dalam kebaikan. Bersinergi dengan PT. Nara Sinergi Lingkungan sebagai pelaksana bermaksud mengajukan kerja sama bersama Masjid Agung Sunda Kelapa dalam Program “Rumah Sinergi – Ubah Sampah Menjadi Berkah”. Yaitu program yang mengajak Masjid untuk menjadi tempat bagi pengurus, jamaah, dan warga lingkungan sekitar untuk bersedekah dengan sampah kering (kemasan botol plastik, kertas, kardus dan kertas box makanan) yang selanjutnya akan dikonversikan menjadi beasiswa sekolah Kesetaraan Kejar Paket A, Paket B, paket C (gratis) untuk anak-anak kampung terutama pemulung yang putus sekolah. Selain itu juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pengurus dan jamaah masjid tentang pengelolaan sampah.

“Dengan kolaborasi ini in-sha-Allah, kita juga akan mengkonversi sampah yang biasanya dibuang, menjadi sebuah sumber pahala jariyah” ujar Bapak Muhammad Taufiq selaku pengurus Nara Synergy.

Program kolaborasi ini dimulai pada bulan September 2023, dengan meletakkan sebuah drop box khusus sampah yang diletakkan di tempat pembuangan sampah Masjid Agung Sunda Kelapa. Penanggung jawab dari Masjid Agung Sunda Kelapa adalah Bapak Budiono, Kepala Bidang Operasional dan Umum MASK, dan yang bertugas mensortir sampah kertas, plastik, dan minyak jelantah adalah para petugas kebersihan Masjid Agung Sunda Kelapa. Sampah yang dibuang diseluruh tempat sampah di masjid akan dikumpulkan ke satu titik setiap pagi, dan disortir oleh petugas kebersihan Masjid Agung Sunda Kelapa. Kemudian akan diambil oleh Nara Synergy dalam jangka waktu tertentu.

“Yuk bantu kumpulkan sampah di sini ! untuk membantu pendidikan dan menghidupi anak yatim piatu” ujar Bapak Efendi, Kepala Bagian Kebersihan Masjid Agung Sunda Kelapa.

SebelumnyaSILATURAHMI PENGURUS MUSLIM PEACE KE INTERNATIONAL MUALLAF CENTER (IMC-MASK) SesudahnyaBULETIN MASK AGUSTUS-SEPTEMBER 2023 : NILAI HIJRAH DALAM PERSPEKTIF TASAWUF (BUYA ARRAZY HASYIM)

Berita Lainnya