INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

INTERNATIONAL MUALLAF CENTER – MASJID AGUNG SUNDA KELAPA BERPARTISIPASI DALAM MUALLAF FEST 2023

Terbit 21 Agustus 2023 | Oleh : Reno Fathur | Kategori : BERITA KEGIATAN / IMC - International Muallaf Center Masjid Agung Sunda Kelapa
INTERNATIONAL MUALLAF CENTER - MASJID AGUNG SUNDA KELAPA BERPARTISIPASI DALAM MUALLAF FEST 2023

INTERNATIONAL MUALLAF CENTER MASK DALAM AGENDA MUALLAF FEST 2023

Sabtu-Ahad, 19-20 Agustus 2023 – Muallaf Festival 2023 dengan Tema “MENSYUKURI NIKMATNYA HIDAYAH DAN KEMERDEKAAN BANGKITKAN PERSATUAN” pada tahun ini dilaksanakan di Masjid Darussalam Kota Wisata, Gunung Putri, Bogor. Acara ini merupakan Kegiatan Perdana yang dilaksanakan oleh Beberapa Lembaga – Lembaga Pembinaan Muallaf di Indonesia, Seperti Muallaf Center Masjid Darussalam Kota Wisata, Forum ARIMATEA, Internasional Muallaf Center Masjid Agung Sunda Kelapa, Pondok Muallaf Indonesia Dompet Dhuafa, Ikhlaas Foundation, Abdullah Wasi’an Foundation, Graha Muallaf At-Tauhid, Masjid Alumni IPB, dan lain lain. Kepanitiaan Muallaf Center juga melibatkan para Muallaf dan Pembina Muallaf sehingga acara ini menjadi acara kolaborasi yang memiliki tujuan untuk berdakwah karena Allah SWT.

Acara diselenggarakan selama 2 hari dengan rentetan kegiatan seperti kajian bersama beberapa pembicara dari Muallaf, Ulama, dan Da’i, kemudian dilanjutkan Penyerahan Penghargaan (Award),  dan Bazaar dengan sekitar 60 produk pakaian dan kuliner dari para muallaf dan pembina muallaf. Dan dihadiri oleh muallaf dan pembina muallaf dari berbagai daerah di Indonesia.

Pembicara Muallaf Fest 2023 :

  1. KH. Cholil Nafis, M.A.
  2. H. Abu Deedat Syihab, M.H.
  3. Ustadz Munzir Situmorang
  4. Ustadz Syamsul Arifin Nababan, Lc
  5. Carissa Grani
  6. Ustadz Ahmad Kainama
  7. Habib Mukhsin Al Athos
  8. Ustadz Herman Budianto
  9. Annisa Theresia
  10. Jerry de Gray
  11. Ustadz Menachem Ali
  12. Dewi Purnamawati, M.PI.
  13. Dewa Putu Adhi
  14. Hikmat Kurnia
  15. Koh Dondy Tan

Acara Muallaf Fest juga didukung oleh beberapa instansi seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memberikan award kepada beberapa kategori dari Muallaf terbaik, Kristolog Terbaik, Lembaga Pembinaan Muallaf Terbaik, dan Youtuber Dakwah Muallaf Terbaik. Dompet Dhuafa dan Beberapa Donatur juga turut mendukung acara ini sebagai sponsor sehingga acara dapat dilaksanakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Dan juga beberapa Media yang mendukung publikasi acara ini seperti Radio Silaturahim (RASIL) 720 AM, Radio Masjid Sunda Kelapa (MSK) 1530 AM, MINA (Miraj Islamic News Agency), Darussalam-TV, Al-Jama’ah TV, Badan Wakaf Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Ketua Pelaksana Muallaf Fest 2023, Yeni Mardiyani yang juga sebagai pengurus Muallaf Center Darussalam menyatakan bahwa alasan dilaksanakannya acara ini adalah untuk menunjukan kepada para muallaf di seluruh Indonesia untuk selalu Istiqomah dalam menuntut ajaran Islam dan sebagai penyambung silaturahmi antara para muallaf dan juga seluruh lembaga yang menaungi muallaf di Indonesia.

“Ajaran Islam seperti mulai dari syahadat, shalat, membaca Al-Qur’an, mempunyai hafalan Al-Qur’an, terutama hafalan bacaan surat yang pendek untuk setiap shalat, juga selalu menuntut ilmu” imbuhnya

Meningkatnya jumlah muallaf di Indonesia dan Dunia juga menjadi alasan untuk mengadakan acara ini sebagai wadah untuk para muallaf agar lebih mudah mendapatkan akses pembinaan di berbagai daerah dengan masjid-masjid atau lembaga-lembaga yang mengadakan bimbingan materi agama islam.

“Menuntut ilmu merupakan usaha seseorang mengubah dirinya menjadi lebih baik lagi sebab salah satu tujuan dasarnya adalah menunjukkan jalan yang benar. Memperbaiki hubungan ibadah kita pada Allah ataupun juga sesama manusia,” imbuhnya.

Pada acara ini International Muallaf Center Masjid Agung Sunda Kelapa (IMC-MASK) juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan utusan perwakilan panitia, yaitu Direktur IMC-MASK, Consulta Gian Carlo Bianzon dan para Pembina Muallaf, Ustadz Nujhan, Ustadz Reno Fathur, Ustadzah Afifah, Ibu Fitriawaty (Penyiar Radio MSK 1503 AM). Partisipasi ini adalah untuk wujud silaturahmi antar lembaga pembina muallaf agar semakin kokoh dan kuat dalam upaya Dakwah Islam Lillahi Ta’ala.

Masjid Agung Sunda Kelapa juga merupakan salah satu masjid yang memiliki pola pembinaan muallaf yang rapi dan teratur, dengan jadwal dan kurikulum materi yang tersusun. Pembinaan selalu dilaksanakan pada setiap hari Rabu dan Sabtu dari Pukul 10.00 – 15.00 WIB secara tatap muka di kantor International Muallaf Center Masjid Agung Sunda Kelapa dengan pengantar Bahasa Indonesia untuk WNI (Warga Negara Indonesia) dan Bahasa Inggris untuk WNA (Warga Negara Asing).

SebelumnyaHIKMAH NASIHAT : NIKMAT KEMERDEKAAN (Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.) SesudahnyaKUNJUNGAN PARA CALON IMAM MUDA PESANTREN DAARUL FIKRI KE MASJID AGUNG SUNDA KELAPA

Berita Lainnya