INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

I’tikaf Qiyamullail Muhasabah Akhir Tahun 2023 dan Munajat Awal Tahun 2024

Terbit 3 Januari 2024 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / Bidang Dakwah Peribadatan / RISKA - Remaja Islam Sunda Kelapa
I'tikaf Qiyamullail Muhasabah Akhir Tahun 2023 dan Munajat Awal Tahun 2024

Ahad, 31 Desember 2023 – Dalam rangka menyambut pergantian tahun 2023, Masjid Agung Sunda Kelapa sebagai pusat ibadah dan pusat peribadatan berkolaborasi dengan RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa) mengadakan malam I’tikaf Qiyamullail Muhasabah Akhir Tahun 2023 dan Munajat Tahun 2024. Acara ini bertujuan agar para jamaah MASK yang berasal dari segala kalangan usia dapat melewatkan malam pergantian tahun dengan kegiatan yang bermanfaat.

Meski rangkaian acara baru dimulai pukul 21.00 WIB, jamaah sudah berdatangan sejak sore hari kendati hujan sempat mengguyur Jakarta Pusat. Diperkirakan kurang lebih 1.600 orang yang berasal dari Jabodetabek hadir dengan membawa serta keluarganya. Masjid Agung Sunda Kelapa sebagai masjid yang ramah anak, ramah disabilitas, serta ramah lansia, membebaskan jamaah untuk membawa anak-anak mengikuti kegiatan I’tikaf selama dalam pengawasan orangtua. Panitia I’tikaf juga membagikan roti dan air mineral untuk seluruh jamaah yang hadir.

Ba’da shalat Isya, acara dimulai pukul 21.00 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Imam MASK ,Ust. Afri Ramdani dan Ust. Bambang Supriyanto. Para jamaah juga ikut bersama-sama membaca Surah Yasin yang ditampilkan di videotron masjid yang terletak di Ruang Ibadah Utama (RIU) dan Serambi Jayakarta. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Ketua I Dewan Pengurus MASK, KH. Sholeh Asri, MA.

“Momentum malam pergantian tahun ini kita renungkan untuk saling mengintrospeksi diri, mengevaluasi apa saja yang belum dan sudah kita kerjakan untuk di sempurnakan di tahun 2024”, ujar KH. Sholeh Asri dalam sambutannya.

Dikarenakan jamaah yang terus berdatangan membludak di RIU dan Serambi Jayakarta, maka Aula Sakinah pun dibuka bagi jamaah wanita terutama yang membawa anak-anak. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Ceramah I’tikaf I yang disampaikan oleh Ust. Syahroni Mardani dengan mengangkat tema, “Time Changes, Life Changes & People Changes”.

Setelah ceramah, Imam MASK Ust. Darmawan Batanghari dan Ust. Afri Ramdani mengajak para jamaah yang hadir untuk beristighfar, membaca zikir, dan memanjatkan doa akhir tahun menjelang detik-detik pergantian tahun 2023. Maka saat jam menunjukkan pukul 00.00, para Imam mengajak jamaah untuk bersujud syukur untuk menyambut tahun 2024. Selanjutnya Ust. Darmawan Batanghari mengajak jamaah kembali memanjatkan doa awal tahun sebagai bentuk munajat kepada Allah SWT agar melimpahkan rahmat-Nya juga di tahun yang baru ini.

1 Januari 2024, setelah pergantian hari acara kembali dilanjutkan dengan Ceramah I’tikaf II yang disampaikan oleh Ust. Muslih Aziz, S.Ag. MA, dengan tema, “Munajat Tahun Baru untuk Indonesia Lebih Berkah”. Ceramah kemudian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Ust. Muslih Aziz. Suasana terasa khidmat sehingga tak sedikit jamaah yang meneteskan air mata saat bermuhasabah kepada Allah SWT.

Jamaah dipersilahkan untuk beristirahat seraya menunggu waktu sholat Qiyamullail yang akan diadakan pukul 03.00 WIB. Sementara itu, panitia juga menampilkan video kaledioskop 2023 kegiatan Masjid Agung Sunda Kelapa selama setahun di videotron dengan tanpa suara agar tidak mengganggu jamaah yang sedang beristirahat atau beribadah mandiri.

Pukul 03.00 WIB, sholat Qiyamullail dilaksanakan berjamaah dengan diimami oleh Syekh Essam El-Mezjaji. Pelaksanaan shalat tahajud dan witir berlangsung dengan khusyu serta ditutup dengan pembacaan doa Qunut Nadzilah untuk saudara-saudara muslim kita di Palestina. Jamaah yang mengikuti sholat Qiyamullail dini hari ini membludak hingga ke area Plaza Masjid Agung Sunda Kelapa.

Terakhir acara ditutup dengan sholat Subuh berjamaah. Maka berakhirlah rangkaian acara I’tikaf Qiyamullail Muhasabah Akhir Tahun 2023 & Munajat Tahun 2024 yang diadakan Masjid Agung Sunda Kelapa sejak hari Ahad, 31 Desember 2023 – Senin, 1 Januari 2o24. Semoga pada tahun 2024 ini Masjid Agung Sunda Kelapa dapat terus bermafaat bagi ummat. Aamin Yaa Rabbal Alamin.

SebelumnyaPemeriksaan Kesehatan Pasca Khitan Massal UPZ MASK Sesudahnya14 Januari 2024, Yuk Hadiri Tabligh Akbar A'a Gym di Masjid Agung Sunda Kelapa

Berita Lainnya