INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

Kajian Muslimah November 2023, Bershalawat Bersama Tim Shalawat MASK

Terbit 22 November 2023 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / Bidang Dakwah Peribadatan / Bidang Sosial Kemasyarakatan
Kajian Muslimah November 2023, Bershalawat Bersama Tim Shalawat MASK

Sabtu, 18 November 2023 – Alhamdulillah telah terlaksana Kajian Muslimah bulan November bersama Ustadzah Dr. Hj. Ida Sajidah Dhiyauddin, Lc. M.Si. dengan tema, “Wanita Yang Dirindukan Surga.” Pada bulan Oktober lalu kita telah belajar bersama Syarifah Aliyah Binti Fuad Al-Musawa dengan tema, “Masa Muda, Waktu Utama Beramal Sholeh.” Kajian Muslimah sendiri merupakan agenda kajian khusus jamaah akhwat (perempuan) yang rutin dilaksanakan sebulan sekali di Masjid Agung Sunda kelapa.

Bertempat di Aula Sakinah, Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Kota Jakarta Pusar. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali pembacaan surah Yasin dan Tahlil oleh ibu Siti Rahmaniyah dan dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh ibu Hikmah Sholeh Asri yang merupakan istri dari Wakil Ketua I Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa, KH. Sholeh Asri, MA. Sesi selanjutnya adalah pembacaan Shalawat Asgyhl dan I’tiraf (Syair Abu Nawas) yang pada kesempatan ini dibawakan oleh Tim Shalawat Masjid Agung Sunda Kelapa.

Tim Shalawat MASK merupakan kelompok shalawat dan hadroh yang terdiri dari para marbot wanita, relawan, serta ibu-ibu Lembaga MASK yang rutin berlatih setiap Jumat pagi pukul 07.30 – 09.30 WIB. Dipandu oleh ibu Fitria Zein selaku MC (Master of Ceremony). Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Sri Kusnarmini yang merupakan Kepala Bidamg Keuangan dan HRD MASK. Beliau mewakili ibu Tuti Purwoko (Wakil Sekretaris DP-MASK) yang berhalangan hadir.

Pukul 10.00 WIB Kajian Muslimah bersama Ustadzah Ida Sajidah yang merupakan kegiatan inti pun di mulai. Dalam ceramahnya beliau menceritakan tentang 4 wanita yang dijamin masuk surga yaitu Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid dan Asiyah.

“Kita ini bukan hanya dirindukan Surga tapi kita juga harus merindukan Surga. Dua-duanya ini kita harus punya karena kita adalah umat yang tergolong datang terakhir di dunia. Jangan merasa karena sudah melakukan ibadah dan amal sholeh pasti akan masuk Surga. Belum tentu. Makanya ada orang-orang yang Allah pilih tapi kita berharap dengan datangnya kita ke Majelis Ilmu hari ini kita bisa tahu ciri-ciri wanita yang dirindukan Surga.”

Selama sesi kajian, Ustadzah Ida Sajidah mengajak serta Jamaah untuk membacakan ayat suci Al-Qur’an. Misalnya salah satu jamaah bernama ibu Lia yang membaca Surah Muhammad Ayat 15, yang berbunyi :

مَّثَلُ ٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَآ أَنْهَٰرٌ مِّن مَّآءٍ غَيْرِ ءَاسِنٍ وَأَنْهَٰرٌ مِّن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُۥ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَٰلِدٌ فِى ٱلنَّارِ وَسُقُوا۟ مَآءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَآءَهُمْ

Artinya: (Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasan

ya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?

Jamaah tersebut kemudian mendapatkan hadiah Al-Qur’an dari MyFundAction. Setelah kajian dilakukan sesi tanya jawab dengan beberapa penanya. Terakhir Ustadzah Ida Sajidah mengajak jamaah bersama-sama membaca doa untuk saudara kita di Palestina. Semoga Allah berikan kemudahan. Semoga Allah berikan keselamatan. Semoga Allah berikan pertolongan. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala pelihara dan jaga saudara-saudara kita di Palestina. Acara ditutup dengan berfoto bersama Ustadzah Ida Sajidah, Tim Shalawat MASK, dan seluruh jamaah Kajian Muslimah. Maka demikianlah Kajian Muslimah bulan November telah terlaksana dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Sampai jumpa di Kajian Muslimah MASK bulan depan!

SebelumnyaUPJ-MASK, Pelayanan Jenazah dan Ruangan Rumah Duka di Menteng, Jakarta Pusat SesudahnyaKunjungan Siswa Siswi SD Lebah Pembelajar Bukittinggi ke Masjid Agung Sunda Kelapa

Berita Lainnya