INFORMASI TERKINI
  • 5 bulan yang lalu / Dapatkan Informasi Kegiatan Terupdate Masjid Agung Sunda Kelapa Dapat di Akun Instagram (@masjidagungsundakelapa)
WAKTU :

RISKA : PERESMIAN FILTRASI DEPOT AIR BERSIH PESANTREN FASTABIQUL KHOIROTS, MUARA GEMBONG

Terbit 28 Agustus 2023 | Oleh : Tatyana Virgiani | Kategori : BERITA KEGIATAN / LEMBAGA - LEMBAGA / RISKA - Remaja Islam Sunda Kelapa
RISKA : PERESMIAN FILTRASI DEPOT AIR BERSIH PESANTREN FASTABIQUL KHOIROTS, MUARA GEMBONG

Ahad, 27 Agustus 2023—Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) akhirnya meresmikan penyerahan mesin Filtrasi Air Payau untuk dijadikan Depot Air Tawar Siap Minum di Kampung Sungai Labuh, RT. 002/014, Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Peresmian ini merupakan tahap lanjutan dari kegiatan Anjangsana Sosial RISKA (ANSOR) yang terlaksana pada bulan Ramadhan lalu, 9 April 2023. Kegiatannya meliputi Pengobatan Gratis, Penyuluhan Wirausaha & Berternak, Edukasi Pendidikan, serta Pengadaan Fitrasi Air Bersih yang dilakukan secara bertahap.

ANSOR sendiri merupakan salah satu bagian dari event tahunan Ramadhan Bersama RISKA (RBR) berupa kegiatan sosial yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan dalam rangka memberikan manfaat bagi orang lain. Maka tujuan dari kegiatan pengadaan Filtrasi Air ini adalah memberdayakan dan memberikan manfaat kepada Pondok Pesantren Fastabiqul Khoirots dan Masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Dengan izin Allah, Alhamdullilah sekarang mesin filtrasi ini bisa secara resmi diserahkan kepada Pondok Pesantren Fastabiqul Khoirots,” ujar Kismanto, Ketua Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA).

Muara Gembong sendiri adalah wilayah yang berada di pesisir. Sehingga air tanahnya merupakan air payau yang tidak layak untuk dikonsumsi. Pesantren Fastabiqul Khoirots dan warga Kampung Sungai Labuh harus membeli ke Bogor jika ingin mendapatkan air bersih. Maka dari itu kehadiran bantuan mesin filtrasi air bersih yang diberikan oleh RISKA dapat menjadi solusi mengubah air payau menjadi air yang layak untuk dikonsumsi.

Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, kehadiran mesin filtrasi air bersih yang selanjutnya akan dikelola oleh Pesantren Fastabiqul Khairots ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan wirausaha Pondok Pesantren. Masyarakat bisa datang dan membeli air bersih langsung di depot filtrasi air.

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas realisasi program RISKA ini. Dengan adanya mesin filtrasi air bersih pemberian RISKA serta para donatur, Alhamdulillah kami merasa sangat terbantu” ucap Ustadz Nurul Anwar selaku Perwakilan Pesantren Fastabiqul Khoirots

Kismanto selaku Ketua RISKA Periode 2023-2024 mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah mendonasikan sebagian hartanya untuk menghadirkan mesin filtrasi air bersih ini. Serta doa, bimbingan, dan dukungan dari Bapak-Ibu Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa

Besar harapan kami semoga dengan pengadaan Depot Air bersih ini dapat bermanfaat bagi Pondok Pesantren Fastabiqul Khoirots, serta masyarakat Kecamatan Muara Gembong, khususnya Kampung Sungai Labuh.

SebelumnyaPARA PEMBINA MUALLAF IMC-MASK MENGIKUTI MABIT MUALLAF PEMULIA - DOMPET DHUAFA SesudahnyaTINGKATKAN KUALITAS AMIL, UPZ-MASK ADAKAN PELATIHAN SOSIALIASI PSAK 109

Berita Lainnya